recent posts

banner image

Program menghitung Luas dan Keliling segitiga pada Free Pascal

Bagi kalian yang ingin membuat program menghitung luas dan keliling segitiga secara otomatis, bisa kalian buat di free pascal dengan kode kode tertentu. Sehingga kalian dapat dengan mudah mengetahui berapa hasil luas dan keliling dari alas dan tinggi segitiga yang diketahui. Hanya segitiga yang diketahui alas dan tinggi nya yang dapat terjawab menggunakan kode ini.

Kali ini saya menggunakan software bernama free pascal. Saya menggunakan free pascal karena memang dari awal belajar saya memakai Free Pascal. Oke langsung saja ke tutorialnya. Ps: kode tidak boleh sampai salah.


1. Tuliskan kode berikut ini ke dalam pascal mu.

program segitiga;
uses crt;

var alas, tinggi, luas:real; keliling:real;
begin
clrscr;

write(' masukan alas= ');readln(alas);
write(' masukan tinggi= ');readln(tinggi);
luas:=1/2*tinggi*alas;
write(' luas= ', luas:0:0);
readln;
keliling:= 3*alas;
write(' keliling= ', keliling:0:0);
readln;
end.




2 Setelah itu save kemudian klik compile, bila berhasil dan tidak kesalahan langsung saja klik run. Dan nanti hasilnya akan seperti ini. kemudian masukan alasnya




3 Kemudian enter maka akan muncul perintah untuk memasukan tinggi.





4 setelah memasukan tinggi klik enter dua kali untuk melihat hasil luas dan keliling segitiga tersebut.





Selesai... itulah tutorial yang saya berikan. Semoga kedepannya saya bisa memberikan lebih banyak tutorial agar memudahkan anda untuk mencari info tentang program pascal. Nanti juga inshaAllah saya akan memberikan contoh flowchart dari program mencari luas dan keliling segitiga ini.

Oke sekian dari saya, terimakasih telah menyempatkan waktu kalian untuk mampir ke blog ini. Maaf kalau banyak kesalahan. Kritik dan komen kalian sangat berarti untuk saya. Terimakasih sekali lagi :)

Program menghitung Luas dan Keliling segitiga pada Free Pascal Program menghitung Luas dan Keliling segitiga pada Free Pascal Reviewed by ek on Oktober 13, 2017 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.